Pencarian Kegiatan

 

Guru selaku pengajar memegang peran yang amat sentral dalam keseluruhan proses pembelajaran. Guru dituntut mampu mewujudkan perilaku mengajar secara tepat agar terjadi perilaku pembelajaran yang efektif dalam diri siswa. Guru diharapkan mampu menciptakan linterasi pembelajaran yang sedemikian rupa sehingga siswa mampu mewujudan kualitas belajarnya secara efektif. Guru di tuntut pula untuk mampu menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif, Guru dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas perilaku siswa dalam bentuk kegiatan yang sedemikian rupa sehingga menghasilkan pribadi yang mandiri, Pembelajar efektif, dan pekerja yang produktif.

Guru memegang peranan yang amat penting dalam menciptakan suasana pembelajaran yang sebaik-baiknya. Guru tidak terbatas hanya sebagai pengajar dalam arti penyampaian pengetahuan akan tetapi lebih meningkatkan sebagai perancang, manajer pengajaran, pengevaluasi hasil pembelajaran dan sebagai pembuat arah pembelajaran.

Sebagai pembuat arah dalam pembelajaran, Pendekatan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran tidak hanya melalui pendekatan Instruksional akan tetapi disertai dengan pendekatan pribadi. Melalui pendekatan pribadi ini diharapkan guru dapat mengenal dan memahami siswa secara lebih mendalam sehingga dapat membantu keseluruhan proses pembelajarannya. Dengan kata lainguru sekaligus berperan pembimbing dalam proses pembelajaran siswa, sebagai pembimbing dalam pembelajaran, guru diharapkan mampu untuk:

1.           Mengenal dan memahami setiap siswa baik secara individual maupun kelompok

2.           Memberikan informasi-informasi yang diperlukan dalam proses pembelajaran,

3.           Memberi kesempatan yang memadai agar setiap siswa dapat belajar sesuai dengan karakter pribadinya masing masing.

4.           Membantu setiap siswa dalam menghadapi masalah-masalah pribadi yang dihadapi,

5.           Menilai keberhasilan setiap langkah kegiatan yang telah dilakukannya.

 

Dalam mewujudkan perilaku mengajar Guru Zaman Now, karakteristik yang diharapkan antara lain:

1.          Memiliki minat yang besar terhadap pelajaran dan mata pelajaran yang diajarkannya.

2.       Memiliki kecakapan untuk memperkirakan kepribadian dan suasana hati secara tepat serta membuat kontak dengan kelompok secara tepat.

3.          Memiliki kesabaran, keakraban dan Kepekaan yang diperlukan untuk menumbuhkan semangat belajar.

4.          Memiliki pemikiran yang imajinatif dan praktis dalam usaha memberikan penjelasan kepada siswa

5.          Memiliki kualifikasi yang memadai dalam bidangnya.

6.          Memiliki sikap Terbuka, luwes, dan Eksperimental.

Satjun Siregar