Pencarian Kegiatan

 

MENJADI ORANG TUA YANG BIJAK DI ERA DIGITAL



 

Menjadi Orang tua bijak di era digital

 

Oleh: Elgi Kuswandi, S.Pd

 

        Hari Sabtu 30 Oktober 2021, SMP Talenta telah melaksanakan kegiatan Edu Parenting yang rutin diagendakan pada minggu ke-5 di setiap bulannya. Kegiatan ini berupaya memberikan arahan kepada orang tua siswa terkait relasi antara orang tua dan anak, begitu juga hubungan orang tua, guru, dan siswa harus terjalin hubungan yang selaras demi terciptanya pendidikan yang ideal. Pendidikan tidak hanya berorientasi pada pendidikan formal (sekolah) saja, akan tetapi peran orang tua dalam dunia pendidikan anak sangat berperan penting demi keberlangsungan hidup anak. Maka dari itu untuk kegiatan edu parenting kali ini mengusung tema materi “Menjadi orang tua bijak di era digital” yang disampaikan materi tersebut oleh Ibu Osvita Marina Hutapea, M.Psi., Psikolog.

 

       Kegiatan kali ini sungguh menarik, hal itu terbukti dari cara penyampaian materi yang begitu jelas, lugas, dan terarah pada tema tujuan. Selain itu, respon dari orang tua yang mengikuti kegiatan ini pun sangat terlihat keantusiasannya, yang mana hal ini juga dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh orang tua kepada pembicara. Kendati demikian, acara kegiatan ini pun berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dari segi teknis maupun nonteknis. Banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan Edu Parenting kali yang tentunya bagi orang tua sebagai peran utama dalam objek tema kegiatan kali ini yang dituntut bijaksana dalam menghadapi segala permasalahan yang dihadapi anak.

 

       Adapun beberapa informasi dari pemateri yang telah terangkum dari kegiatan Edu Parent kali ini diantaranya:

 

1.       Tantangan remaja yang di dalamnya terdiri dari Fasilitas, mindset orang tua, mentalitas, nilai hidup.

 

2.       orang tua memegang peranan penting bagi keberlangsungan kemajuan pendidikan hidup anak, pendidikan dasar yaitu pendidikan yang diterapkan pada lingkungan keluarga yang dibimbing oleh orang tua

 

3.       anak-anak harus diperhatikan terkait dengan minat bakat sejak dini, agar remaja/anak kita bisa berkembang secara optimal.

 

4.       orang tua harus punya rasa empati terhadap anak remaja,karena kondisi zaman punya tantangan nya sendiri yang menyebabkan anak tertekan dengan keadaan.

 

5.       orang tua harus sediakan diri untuk mendengarkan dan memahami kondisi anak, karena terkadang butuh didengarkan dan dipahami.

       Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting sekali, karena pendidikan paling awal yaitu terletak pada lingkungan keluarga. Tumbuh kembang anak dan mindset pola pikir anak sangat ditentukan oleh lingkungan keluarga. Anak yang baik, sehat, pintar, cerdas, dan berakhlak bergantung pada kualitas pendidikan keluarga yang berkualitas. Selain itu,  orang tua harus mengerti bahwa anak punya kecerdasan/potensi yang dimiliki anak. Potensi yang dimaksud tidak hanya dari segi akademis saja melainkan bagimana anak dapat memecahkan masalah, berpikir kritis, serta dapat menyusun rencana dengan bijak hal itu juga merupakan potensi alama yang tertanam dalam diri anak. Kemudian orang tua juga jangan menyerah kepada anak, karena ketika kita mendidik anak hal itu juga berarti sedang mendidik diri kita sendiri


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia