Pencarian Kegiatan

 

MEMBENTUK KAMI LEBIH BAIK



Salam Pramuka!!

Selamat hari Pramuka. Setiap tanggal 14  Agustus diperingati sebagai hari Pramuka Indonesia. Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) memiliki sejarah yang turut ambil bagian dalam perjalanan bangsa. Lahirnya Pramuka di Indonesia turut menyulut berdirinya pergerakan nasional bangsa.

Apa sih pramuka itu? Ya, Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya orang muda yang banyak berkarya. Gerakan Pramuka memiliki lambang tunas kelapa yang artinya tunas penerus bangsa. Tunas itu sediri dianggap cikal yang akan bertumbuh, artinya Pramuka dimulai dari tunas yang akan terus berkembang dan keberadaannya dapat dirasakan oleh orang lain.

Saat  ini pemerintah kembali menegakkan kegiatan Pramuka sebagai aktivitas wajib yang harus diselenggarakan oleh sekolah baik dari jenjang SD, SMP hingga SMA. Hal itulah yang menjadi dasar pembentukan Pramuka Penegak SMA Talenta yang dilakukan pada jam pembelajaran tambahan yaitu ekstrakurikuler.

Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler di SMA Talenta tentunya tidak asing lagi bagi hampir semua orang yang berada di seluruh kompleks Talenta. Belakangan ini Pramuka mungkin kurang diminati sebagian siswa SMA Talenta karena dianggap ketinggalan jaman, benarkah? Sebagian siswa masih beranggapan bahwa Pramuka itu hanya tepuk tangan, baris berbaris, tali temali. Padahal Pramuka itu bersifat fleksibel dalam arti dapat berkembang mengikuti jaman.

Pengalaman salah satu siswa SMA Talenta yang benar-benar mengikuti Pramuka dapat dirasakan manfaatnya: Berikut sebagian pengalaman dari beberapa siswa yang merasakan mengikuti kegiatan Pramuka:

1.      Kemandirian.

Misalkan suatu saat kita mengalami kecelakaan di tempat terpencil jauh dari pemukiman, Pramuka mengajarkan P3K, tali temali, dsb. Jemuran yang patah pun dapat diatasi sendiri

2.      Mendapat keluarga baru.

Tidak hanya di sekolah, di kota, di Indonesia, bahkan di duniapun berkat “Pramuka”, orang sedunia bisa bertemu seperti Jambore Dunia.

3.      Lebih mencintai lingkungan.

Bagaimana Pramuka mengajarkan tentang lingkungan alam beserta pelestariannya, mengenal flora dan fauna. Lewat penjelejahan alam bebas Pramuka diajarkan untuk lebih akrab dengan alam.

4.      Leadership.

Melalui Pramuka diajarkan jiwa kepemimpinan, disiplin, kejujuran, tanggungjawab, menjawab semua masalah dan mengatasinya.

Masih banyak lagi manfaat kegiatan Pramuka. Tentunya pihak sekolah SMA Talenta dalam hal ini harus berperan aktif mengajak siswanya untuk mengikuti kegiatan ektrakulikuler Pramuka. Dan satu lagi Pramuka bersifat fleksibel, diperlukan kakak-kakak pembina yang handal dan cerdas agar kegiatan Pramuka tidak monoton.

Salam Pramuka.!!!


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia