Pencarian Kegiatan

 

MEMPERTAHANKAN JIWA RASIONALIS DAN PATRIOTISME



MERDEKA.... Para siswa dengan kreativitasnya menghias depan pintu masuk SMP dengan nuansa merah putih. Semangat cinta tanah air selalu bergelora dalam jiwa mereka. Itulah yang seharusnya. Para guru sangat bangga dengan mereka karena memiliki kreativitas yang tinggi. Jika dihubungkan dengan kemajuan zaman sekarang terutama dalam bidang teknologi, akan ada saja orang yang sudah melupakan jasa para pahlawan dalam memerdekakan bangsa Indonesia karena sudah berada di zona nyaman. Telah bebas dari penjajahan dan dapat menikmati tanah air dengan tenang. Tetapi tidak dengan siswa-siswi SMP Talenta yang masih beranjak remaja tetap peduli dengan lingkungan terutama meringankan tekad untuk tetap berjuang mempertahankan rasa nasionalis dan patriotisme dalam diri mereka. Pun, melalui pendidikan khususnya di Sekolah Talenta peserta didik semakin dipacu untuk tetap menghargai para pejuang bangsa.

Bagaimana pendapat Anda tentang kata mempertahankan? Apakah Anda mau mempertahankan sesuatu yang sudah Anda milliki dengan segenap hati? Jika Anda menyadari kata “mempertahankan” lebih sulit dilakukan daripada “meraih” berarti kita memiliki persepsi yang sama, memang itulah sesungguhnya. Maka yang perlu kita pertahankan adalah semangat para pahlawan harus tetap mendarah daging. Contoh lain yang sering kita lihat adalah siswa yang mendapat juara 1 belum tentu  dapat dipertahankan untuk semester berikutnya. Mengingat hal tersebut, dalam mempertahankan dan menghargai para pahlawan, SMP Talenta mengadakan beberapa perlombaan sebagai bentuk sederhana dalam memperjuangkan sesuatu seperti lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang, estafet air, bakiak, dll.  Bukan siapa yang menang atau kalah melainkan sportivitas dan semangat juang. Di tengah terik matahari tidak mengurungkan niat mereka dalam mengikuti lomba. Tak kalah hebat, kegiatan tersebut juga diiikuti oleh tim guru sebagai panutan bagi peserta didik. Hal itu dibuktikan dengan semangat tanpa ada rasa canggung.

Dengan Tema  Hari Ulang Tahun Ke-73 Republik Indonesia “Kerja Kita, Prestasi Bangsa” mari kita tetap semangat dalam bekerja, belajar dan berkarya. Melalui semangat dalam lomba, para siswa menyadari bahwa perjuangan itu harus rela berkorban. Berkorban melalui tenaga, pikiran dan tentunya melakukan dengan sepenuh hati. Selain itu menyadari bahwa perlombaan itu masih perjuangan yang mudah dibandingkan dengan para pahlawan yang dulu sampai gugur demi membela bangsa. Oleh karena itu, mereka akan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan menciptakan prestasi, lebih giat belajar,  melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai siswa, mencintai tanah air  dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Bulan agustus adalah bulan penuh makna perjuangan. Mari terus bersinergi untuk memajukan bangsa Indonesia dengan meneladani PANCASILA sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Bangsa yang besar adalah bangsa yang punya cita-cita dan menjaga jati diri bangsanya. Jadikan semangatmu membakar rasa malasmu.

Bu Minar


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia