Pencarian Kegiatan

 

PENGALAMAN YANG MENYENANGKAN



Kegiatan pembelajaran kali ini belajar di luar sekolah yang sering disebut dengan outing class. Tentu sangat menyenangkan, bukan? Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan membekali peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimiliki bukan dari teori saja tetapi juga bukti nyata dilapangan.

Hari Rabu, 10 Oktober 2018 SMP Talenta khususnya kelas VII mengadakan Outing Class ke Saung Angklung Udjo dan Pabrik Kaos C59. Kegiatan tersebut telah berjalan dengan baik, aman tertib dan lancar sesuai dengan yang direncanakan. Nah, kegiatan pertama yang dilakukan adalah workshop pembuatan angklung di Saung Angklung Udjo. Kegiatan yang sangat menunjang pelajaran itu telah menjawab rasa penasaran siswa bagaimana cara membuat angklung bahkan cara memainkannya.Seperti dalam mata pelajaran seni musik yang salah satunya menggunakan angklung, bahasa Indonesia tentang teks prosedur dan tentunya juga menunjang mata pelajaran lainnya.

Saung Udjo adalah tempat produksi angklung terbesar di dunia. Mengetahui hal tersebut, peserta didik semakin antusias belajar. Acara demi acara pun diikuti dengan baik. Kesempatanbaik itu dimanfaatkan untuk mempraktekkansendiri cara membuat dan memainkan angklung yang dipandu oleh ahlinya. Peserta didik yang kurang paham langsung bertanya kepada narasumber. Pemandangan indah adalah ketika peserta didik antusias maju untuk bertanya. Para wali kelas yang ikut mendampingi merasa bangga atas partisipasi peserta didik dalam memeriahkan acara tersebut. Melalui kegiatan itu peserta didik menyadari bahwa betapa perlunya melestarikan budaya bangsa.

Waktu seakan begitu cepat berlalu, kebersamaan di Saung Udjo telah berakhir. Tetapi tidak sampai di situ saja, perjalanan selanjutnya ke pabrik kaos C59. Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke sana? Ya, C59 adalah sebuah perusahaan yang memulai usahanya dalam bidang industri garmen khususnya t-shirt printing (kaos oblong sablon). Tempat tersebut memberikan banyak inspirasi bagaimana menjadi seorang yang tidak mudah menyerah, tetap berjuang, dan menjadientrepreneur yang hebat. Setelah berkeliling pabrik, mereka langsung mempraktekkan sablon kaos yang mereka bawa pulang. Semoga kegiatan yang telah dilakukan menjadi motivasi yang tinggi bagi setiap peserta didik untuk tidak henti belajar, mencapai cita-cita, menambah wawasan, dan mempererat hubungan antar peserta didik.

CIPTAKAN KREATIVITAS MELALUI EDU FIELD TRIP

 


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia