Pencarian Kegiatan

 

BERUBAHLAH DENGAN MENGUBAH PIKIRANMU



BERUBAHLAH DENGAN MENGUBAH PIKIRANMU

Roma 12:2

 

Kamis-Sabtu, 22-24 November 2018 keluarga besar Talenta School Bandung melaksanakan retret dan outbound di Bukit Doa El Shaddai Lembang dan Zona 235 Lembang. Defini retret adalah mengundurkan diri dari dunia ramai untuk mencari ketenangan batin. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu hari pertama mengikuti sesi dengan Tim Frater OSC, hari kedua mengikuti sesi dengan Bapak Jeffry, pada hari ketiga melakukan hiking ke Gunung Putri Lembang. Untuk mengawali setiap kegiatan terlebih dahulu mengadakan ibadah karena semua yang akan terjadi bukan karena kekuatan tetapi itu semua berkat Tuhan.

Pendidik dan tenaga kependidikan yang mengikuti retret berjumlah 167 orang dari unit PG/TK, SD, SMP, SMA, Pekarya, Helper, dan Supir. Keluarga besar Talenta School merupakan sekolah yang selalu mengedepankan kualitas pendidik dan tenaga kependidika. Dengan diberikan pengembangan dan refleksi kepada guru dan karyawan maka kualitas guru-guru Talenta School semakin tidak diragukan lagi karena selalu diberikan pembinaan SDM baik di kompleks sekolah maupun di luar sekolah.

Mengingat zaman teknologi yang semakin canggih, guru tidak boleh gaptek dan harus mau repot. Dengan arti, guru harus mau belajar, guru harus mau membuat metode pembelajaran menarik, guru mau membuat alat peraga, guru harus peduli dengan siswa, up to date dengan informasi khususnya dunia pendidikan, dll.

Menyadari hal tersebut, maka kegiatan retret ini sangat mendukung sekali untuk pengembangan kualitas para guru sehingga perubahan ini fokus kepada sistem lama menuju sistem baru. Pemikiran lama menuju pemikiran baru. Dengan pembaruan ini, guru harus mau berubah. Berubah bukan hanya sekedar kata-kata tetapi membuat komitmen diri untuk mengaplikasikannya di sekolah maupun di luar sekolah.

Retret sendiri sangat khas. Mengapa? Karena banyak hal yang tidak kita duga menjadi pengalaman. Seperti pada acara retret ini banyak hal yang terkesan untuk dikenang. Mulai dari pembicara yang bagus, kekompakan setiap kelompok (guru dan karyawan) mengikuti setiap sesi, saling mengasihi dan terjalin kekompakan antara unit satu dengan unit lain. Selain itu, kegiatan itu menjadi momen indah karena bisa tertawa bersama, belajar bersama, dll. Melalui kegiatan ini, semoga semakin terjalin hubungan yang baik dan benar antara guru dan karyawan terutama dalam cara berkomunikasi.

Oleh karena itu, diharapkan semangat para pendidik dan tenaga kependidikan selalu memberikan yang terbaik. Tidak hanya sekedar kerja, tidak hanya menjadi orang yang biasa-biasa saja tetapi mau berubah untuk lebih maju. Untuk mengubah diri sendiri bukanlah orangtua, teman, pacar atau orang lain melainkan diri sendiri. Sekeras apapun motivasi yang kita peroleh tetapi jika tidak mau berkomitmen untuk diri sendiri maka itu adalah hal yang sia-sia. Tetapi kami percaya dengan iman dan kepercayaan, semua akan dapat terjalin dengan baik. Dengan terjalinnya cinta kasih diantara para guru dan karyawan maka kerja sama untuk membangun sekolah talenta akan semakin bertumbuh dan berbuah sesuai dengan motto Talenta School “When Talents Grow”.

Mulailah dari diri sendiri. Kita bisa. Talenta Bisa


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia