•  Sekolah Menengah Atas - Talenta
  •  Taman Kopo Indah III F-1,
  •  +6222 - 5419579
  •  +6222 - 5419579
  •  sma@talentaschool.sch.id

Selamat Datang di Sekolah Menengah Atas Talenta. Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berdirinya SMA ini. Di tahun pertama, SMA Talenta telah memiliki empat kelas untuk para siswa yang memasuki kelas 10. Terima kasih kepada orang tua murid yang telah mempercayakan kepada kami menjadi anak didik di SMA Talenta.SMA Talenta sampai periode 2013 - 2014, sudah meluluskan 3 angkatan.

Anak didik yang kami bina dipersiapkan dalam meneruskan jenjang pendidikannya dan juga siap menjadi anggota masyarakat yang berbudi luhur, beritikad dan memiliki kemampuan, talenta yang didapat dikembangkan dan terus ditingkatkan dan digunakan di masa depannya.

Kami mempersiapkan dalam segala bidang, tidak hanya bidang akademik namun juga non akademik, kepribadian, kepemimpinan dan iman sehingga tidakkalah bersaing dalam masa globalisasi ini.

Selain pembelajaran yang exploratif understanding, kami juga memberikan bimbingan yang berkelanjutan dan terpadu. Diharapkan menjadi bekal untuk para siswa untuk menjadi manusia yang mandiri, kreatif dan bertanggung jawab dalam menjalani tugas dan kehidupannya.

Dapat mengamalkan ilmu dan mengembangkan talenta yang sudah dimiliki, kami para guru dan staf bertugas untuk membina dalam mengembangkan minat dan talenta yang sudah dimiliki siswa.

Tidak hanya dalam bidang akademik, namun kami juga memberikan bidang lain yang juga diperlukan oleh siswa dalam menghadapi tingkatan yang lebih lanjut.

Dalam pembinaan, kami berikan pelatihan kepemimpinan, pembinaankepribadian, untuk menjadi pribadi yang hebat namun juga seorang pribadi yang baik di mata masyarakat dan Tuhan. Dalam ekstrakurikuler diberikan pelatihan di mana para siswa diberikan beberapa pilihan dan diharapkan siswa dapat menemukan minat dan talentanya, yang kami yakin akan berguna untuk masa depannya.

Melalui komunikasi dua arah ini, kami berharap masyarakat dan para orang tua siswa akan mendapatkan informasi lebih jauh tentang SMA Talenta dan segala kegiatan baik akademik maupun non akademik yang mendukung kualitas pendidikan dan penggalian bakat serta potensi para siswa sehingga dapat berkompetisi secara sehat di masa-masa mendatang serta memiliki pedoman yang kuat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Semoga di tahun-tahun mendatang para calon siswa baru dapat bergabung bersama kami menjadi satu keluarga di SMA Talenta ini.

KURIKULUM SMA TALENTA

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

SMA Talenta merupakan Sekolah Berstandar Nasional yang memiliki  visi yaitu Insan pembelajar yang cerdas dan berbudi pekerti.

SMA Talenta memegang teguh visi tersebut yang diterjemahkan ke dalam dua Misi utama. Kedua misi tersebut berturut-turut adalah sebagai berikut:

1) Mengembangkan pendidikan yang visioner berdasarkan nilai-nilai kristiani dan kemanusiaan universal;

2) Membentuk pribadi yang utuh yang memperjuangkan dan mengembangkan martabat manusia.

 

Kurikulum yang melandasi proes pelayanan pendidikan di SMA Talenta adalah Kurikulum Nasional atau juga dikenal sebagai Kurikulum 2013. Kurikulum tersebut secara umum berbasis pada ketuntasan belajar. Dalam hal ini pada setiap Kompetensi Dasar baik pengetahuan maupun keterampilan akan diproses secara tuntas dalam kegiatan belajar-mengajar. Pada satu pihak lainnya; kompetensi Sikap Spiritual maupun Sosial dicapai secara tidak langsung selama proses pembelajaran. Namun lain halnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti serta Pendidikan Kewarganegaraan; dua kompetensi sikaptersebut dilakukan secara langsung.

 

Sebagai perwujudan untuk mempersiapkan generasi bangsa yang tangguh dalam mengahadapi peri kehidupan di abad 21; SMA Talenta melengkapi pelayanan pendidikannya dengan keterampilan kecakapan hidup dan pengembangan diri yang tertuang dalam program  ekstrakurikuler. Namun sejatinya, pendidikan kecakapan hidup juga merupakan prioritas pada setiap kegiatan intrakurikuler yang terintegrasi prosesnya di setiap kegiatan pembelajaran sehari-hari. Proses kegiatan pembelajaran yang berpusat pada pembelajar diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang sesuai visi sekolah; yakni insan pembelajara yang cerdas dan berbudi pekerti. Dalam setiap dinamika proses pembelajaran; sekolah juga terus mengedepankan inovasi dan wahana berfikir kritis guna menyiapkan generasi yang kreatif dan kritis akan tantangan jaman yang begitu cepat dan dinamis.