•  Sekolah Dasar - Talenta
  •  Taman Kopo Indah III F-1
  •  +6222 - 5419568
  •  +6222 - 5420110
  •  sd@talentaschool.sch.id

Sekolah Dasar Talenta  memiliki

Dasar   : Quid Vis Tibi Faciam? (Apakah yang dapat kulakukan bagimu?)

Tujuan   : Ut Videam (Jadikan aku dapat melihat)

Visi         : Insan Pembelajar yang Cerdas dan Berbudi Pekerti

 Misi        :

 1.       Mengembangkan pendidikan yang visioner berdasarkan nilai-nilai Kristiani dan nilai-nilai kemanusiaan universal.

 2.       Membentuk pribadi yang utuh yang memperjuangkan dan mengembangkan martabat manusia.

 

Nilai-nilai Keutamaan :

       Compassion       : Kepedulian, Cinta Kasih, Persaudaraan Sejati, Pengabdian.

Character            : Disiplin, Mandiri, Dapat Dipercaya, Tangguh, Konsisten, Adil, Rendah Hati, Belajar  sepanjang Hayat.

Consciousnes     : Visioner, Berhati Nurani, Percaya Diri

Competence       : Kreativitas, Inovasi, Pengelolaan, Komunikasi, Kepemimpinan.

Kurikulum Talenta di susun mengikuti rambu-rambu yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia (KTSP). Modifikasi sistem pembelajaran dengan metode Active Learning dan Integrated Learning (Pembelajaran Terpadu) dilakukan di Talenta guna menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik, bermakna dan berkesinambungan. Pendidikan karakter juga diberikan kepada siswa melalui pembiasaan di dalam dan di luar kelas.

Subjects/ Mata Pelajaran

Mata Pelajaran yang diberikan di SDalenta:

Matematika

Bahasa Indonesia

Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)

Pendidikan Agama

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

English

Bahasa Mandarin

Bahasa Sunda

Komputer/ TIK

Seni Musik

KTK

Pendidikan Lingkungan Hidup

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes)

Character Education (pembiasaan)

LAMAC/MoBis

Robotik

Mata Pelajaran tersebut disampaikan dalam pembelajaran ber-PPR.

PPR (Paradigma Pedagogi Reflektif)

yaitu pola berpikir dalam penyelenggaraan pendidikan/ pembelajaran yang mengintegrasikan pemahaman masalah dunia serta masalah kehidupan dan pengembangan nilai-nilai kemanusiaan dalam suatu proses terpadu yang dirancang sedemikian sehingga nilai kemanusiaan tumbuh dari kesadaran peserta didik sendiri melalui refleksi pribadi maupun bersama. Dengan refleksi diharapkan terjadi perubahan pola pikir dan sikap yang secara konkrit terwujud dalam perilaku.

Ciri PPR :

- pengalaman

- refleksi

- aksi

- evaluasi

Tema budi pekerti :

 

Bulan

:

Tema

Juli        

:

Kesopanan

Agustus               

:

Kedisiplinan

September   

:

Kebersihan

Oktober              

:

Rendah hati

November      

:

Tanggung jawab

Desember          

:

Empati

Januari               

:

Toleransi

Februari              

:

Cinta kasih

Maret                  

:

Peduli lingkungan

April                    

:

Kejujuran

Mei                      

:

Keramahan

Juni                     

:

Kerja sama