•  Sekolah Dasar - Talenta
  •  Taman Kopo Indah III F-1
  •  +6222 - 5419568
  •  +6222 - 5420110
  •  sd@talentaschool.sch.id

Sekolah Dasar Talenta  memiliki

Dasar     : Quid Vis Tibi Faciam? (Apakah yang dapat kulakukan bagimu?)

Tujuan   : Ut Videam (Jadikan aku dapat melihat)

Visi        :  Insan Pembelajar yang Cerdas dan Berbudi Pekerti

Misi       :  1.       Mengembangkan pendidikan yang visioner berdasarkan nilai-nilai Kristiani dan nilai-nilai 

                            kemanusiaan universal.

                 2.       Membentuk pribadi yang utuh yang memperjuangkan dan mengembangkan martabat manusia.

 

Nilai-nilai Keutamaan :

     Compassion       : Kepedulian, Cinta Kasih, Persaudaraan Sejati, Pengabdian.

Character           : Disiplin, Mandiri, Dapat Dipercaya, Tangguh, Konsisten, Adil, Rendah Hati, Belajar   

                           sepanjang  Hayat.

Consciousnes     : Visioner, Berhati Nurani, Percaya Diri

Competence      : Kreativitas, Inovasi, Pengelolaan, Komunikasi, Kepemimpinan.

Kurikulum SD Talenta disusun mengikuti rambu-rambu yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia, yaitu: Kurikulum 2013 Edisi Revisi untuk Kelas I VI.

Modifikasi sistem pembelajaran dengan metode Active Learning dan Integrated Learning (Pembelajaran Terpadu) dilakukan di SD Talenta guna menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik, bermakna dan berkesinambungan. Pendidikan karakter juga diberikan kepada siswa melalui pembiasaan di dalam dan di luar kelas yang berlandaskan Nilai-nilai 4C (Compassion, Character, Consciousnes, dan Competence).

 

Muatan Pelajaran yang diberikan di SD Talenta:

·         Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti

·         Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

·         Bahasa Indonesia

·         Matematika

·         Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

·         Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

·         Bahasa Inggris

·         Bahasa Mandarin

·         Bahasa Sunda

·         Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

·         Seni Budaya dan Keterampilan (SBdP)

·         Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)

·         Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

·         LEGO

·         Character Education (Pembiasaan)

 

Muatan Pelajaran tersebut disampaikan dalam pembelajaran ber-PPR (Paradigma Pedagogi Reflektif).

PPR yaitu pola berpikir dalam penyelenggaraan pendidikan/ pembelajaran yang mengintegrasikan pemahaman masalah dunia serta masalah kehidupan dan pengembangan nilai-nilai kemanusiaan dalam suatu proses terpadu yang dirancang sedemikian sehingga nilai kemanusiaan tumbuh dari kesadaran peserta didik sendiri melalui refleksi pribadi maupun bersama. Dengan refleksi diharapkan terjadi perubahan pola pikir dan sikap yang secara konkrit terwujud dalam perilaku.

Pembelajaran Ber-PPR meliputi: Pengalaman, Refleksi, Aksi, dan Evaluasi. Seluruh pembelajaran berlandaskan pada Nilai-nilai 4C (Compassion, Character, Consciousnes, dan Competence).