SAMBUTAN KETUA YAYASAN MARGA ASAH TALENTA

Dalam Rangka Perayaan 12 Tahun Sekolah Talenta

 

Para Guru, Siswa dan Saudara-Saudari yang Terkasih,

Pertama-tama saya mengucapkan banyak terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada panitia acara dan 1000 siswa yang turut ambil bagian dalam kegiatan pentas seni perayaan ulang tahun ke-12 sekolah Talenta. Mereka mempersiapkan perayaan ini dengan penuh kegembiraan dan sukacita. Terima kasih juga saya sampaikan kepada Manager Talenta, para guru, karyawan dan orang yang telah turut serta ambil bagian untuk mempersiapkan dan mendukung persiapan acara ini sehingga acara dapat terlaksana dengan meriah dan lancar. 

Tidak terasa sekolah Talenta telah mencapai usianya yang ke-12. Kita patut merasa bangga karena menjadi bagian penting dalam perjalanan sekolah ini selama 12 tahun. Perayaan ulang tahun yang ke-12 ini merupakan bukti cinta pada perjalanan sekolah Talenta. Rasa cinta tersebut sebagai dedikasi untuk berperan serta membangun manusia-manusia integral dan utuh di dunia pendidikan. Saya berharap agar sekolah Talenta tetap konsisten dan penuh rasa tanggung jawab mengabdikan diri di sekolah tercinta ini serta terus menerus mempertahankan serta mengembangkan kualitas pendidikan di sekolah Talenta. 

Dalam 12 tahun berdirinya, Sekolah Talenta mengalami berbagai perubahan dan perkembangan sesuai dengan tuntutan jaman. Fasilitas pembelajaran yang lengkap, pendidik yang berjiwa muda dan energik, jumlah peserta didik terus mengalami peningkatan, metode belajar yang kreatif dan inovatif. Namun perubahan  yang paling besar adalah tercapainya tujuan pendidikan yang terarah pada pembentukan pribadi manusia yang unggul dalam bidang akademik dan budi pekerti, sehingga siap menyongsong masa depan dengan penuh harapan dan optimisme. Jenjang TK, SD, SMP dan SMA telah meluluskan ribuan alumni yang siap bekerja dan bersaing di pentas lokal dan nasional. Berkat ilmu yang didapatkan di sekolah Talenta, mereka menjadi mandiri dan kreatif dalam menjalani kehidupan.

Visi sekolah Talenta adalah pembentukan pribadi manusia secara integral dan utuh. Peserta didik dibentuk bukan hanya mengejar intelektualitas atau nilai-nilai akademis semata, melainkan membangun manusia yang berbudi pekerti. Pembangunan karakter (character building) sangat ditekankan oleh sekolah Talenta. Sekolah Talenta berperan serta menyumbang dan membentuk manusia Indonesia yang terlibat dalam mensejahterakan masyarakat Indonesia secara umum.

Sekolah Talenta mengajak seluruh warga sekolah (guru dan peserta didik) untuk mengutamakan kedisipilinan, hidup jujur, mencintai alam, menghargai sesama yang berbeda suku dan agama. Sekolah mempersiapkan anak-anak yang membangun hidup harmoni di tengah keberagaman yang ada, dengan tetap mempertahankan nilai-nilai luhur seperti kejujuran, keadilan dan kedisiplinan hidup. Ini adalah tanggung jawab dan tugas sekolah untuk menginternalisasikan nilai-nilai ini dalam diri peserta didik, sehingga peserta didik sungguh-sungguh dipersiapkan menyongsong masa depan. Sekolah Talenta pun menjadi education centre, pusat pembelajaran untuk peserta didik. Karena itu, sekolah terus menerus membangun kerja sama dengan antara pendidik, orang tua dan peserta didik.

Perkembangan sekolah Talenta selama 12 tahun ini sungguh luar biasa. Di tingkat Yayasan, peserta didik jenjang TK, SD, SMP, dan SMA selalu menduduki peringkat 1 dan 2. Di tingkat Kabupaten Bandung pun, prestasi anak-anak Talenta patut dibanggakan. Ini adalah suatu kebanggaan untuk saya sebagai Ketua Yayasan. Karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah berjuang demi anak-anak dan mengharumkan nama sekolah Talenta. Terima kasih banyak saya ucapkan kepada Manager Talenta, kepala sekolah, pendidik, dan karyawan atas dedikasi yang luar biasa total untuk mengembangkan sekolah tercinta ini.

Dengan penuh harapan dan optimisme, mari kita terus mempersiapkan generasi emas masa depan, dengan membangun kerja sama yang erat dan menciptakan suasana kekeluargaan di sekolah Tercinta ini.

Saya mengucapkan selamat sukses dan selamat menikmati hari istimewa ini!

  

Bandung, 13 Februari 2018

 

 

Salam Damai

Pastor Leo van Beurden, OSC

Ketua Yayasan Margaasah Talenta