Mengedepankan Pendidikan Karakter

Keluarga merupakan faktor yang pertama dan utama di dalam pembentukan karakter anak. Anak – anak belajar, melihat dan mengikuti kebiasaan – kebiasaan yang dilakukan oleh orangtuanya. Oleh sebab itu, penting sekali bagi orangtua untuk memberikan pola pengasuhan yang positif kepada anak – anak sejak kecil. Sebab di situlah mereka belajar pertama kali.

Buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya. Itulah yang akan tercermin dari sikap anak- anak yang bisa kita amati bagaimana mereka mendapatkan pengasuhan dari orangtuanya.

Sangatlah penting anak – anak memiliki sikap terbuka kepada orangtuanya. Keluarga harus menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk mereka mencurahkan isi hati baik kekecewaan maupun kegembiraannya. Karena itu, orangtua harus membangun komunikasi yang efektif dengan anak- anak.

Komunikasi ini jika dibiasakan menjadi suatu habit akan berguna saat mereka beranjak remaja. Kita tidak ingin anak – anak menyimpang dalam perilaku sosial pada saat remaja. Membangun komunikasi yang efektif, tidaklah mudah. Orangtua harus menciptakan suasana yang aman dan nyaman sehingga anak – anak menjadi dekat. Kedekatan ini jika dibangun terus menerus akan menjadi kelekatan yang sangat berguna.

Selain keluarga hal yang mempengaruhi pembentukan perilaku anak adalah lingkungan sosial. Orangtua hendaknya mengetahui dengan siapa anak – anak kita  bergaul, dimana anaak –anak bergaul, bagaimana jenis permainannya, dll.

Lingkungan sosial yang paling dekat dengan anak adalah sekolah. Sebagai sekolah yang mengedapankan pendidikan karakter, Sekolah Talenta sangat peduli mengembangkan nilai – nilai keutamaan dalam hal kasih, tanggung jawab, toleransi, kepekaan, kebijaksanaan, dan berpikir kreatif dan inovatif. Hal ini selaras dengan Kurikulum 13 yang mengedepankan keterampilan dalam Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation.

Di bawah naungan Yayasan Marga Asah Talenta yang memiliki visi insan pembelajar yang cerdas dan berbudi pekerti, tentunya Sekolah Talenta tidak akan pernah berhenti untuk mewujudkan visi tersebut sehingga menghasilkan anak – anak yang pada masa depannya sukses dan berguna bagi keluarga, masyarakat, dan Gereja.

Selain sarana dan prasarana yang lengkap membuat anak – anak betah berada di dalam lingkungan sekolah, institusi juga sangat memperhatikan kemitraan dengan orangtua. Program education for parent selalu dilakukan dengan rutin. Melalui program tersebut, orangtua mendapatkan berbagai ilmu dan informasi seputar pendidikan anak – anaknya.

Dipercaya oleh masyarakat selama 13 tahun, dengan jumlah siswa 1755, melayani siswa mulai dari PAUD hingga SMA, Sekolah Talenta terus berkembang dalam berbagai hal. Banyak sudah prestasi yang sudah diperoleh. Tentu hal ini menjadi suatu motivasi bagi kami untuk terus berkarya untuk melayani anak – anak.

Terima kasih atas kerja sama semua pihak yang membesarkan nama Talenta. Semoga sekolah ini terus menjadi terang dan berkat .

Juli 2018

Manager Talenta

 

Maria Susana