Pencarian Kegiatan

 

BERMAIN LOGIKA TANTANGAN BEBRAS INDONESIA



SEKOLAH TALENTA – Bebras? Apa itu? Kompetisi atau Tantangan Bebras didirikan di negara Lithuania oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Valnius pada tahun 2004. Bebras adalah istilah dalam bahasa Lithuania untuk ‘beaver’ (dalam bahasa Indonesia adalah ‘berang-berang’). Bebras dipilih sebagai simbol tantangan, karena beaver berusaha keras untuk mencapai target secara sempurna dalam aktivitasnya sehari-hari. Berang-berang membuat bendungan dari ranting-ranting pohon di sungai atau aliran air dan membuat rumah sendiri. Tantangan ini disebut Bebras untuk menunjukkan kerja keras dan kecerdasan diperlukan di dalam kehidupan.

Tantangan Bebras dilaksanakan setiap tahun dan saat ini sudah lebih dari 50 negara yang berpartisipasi dalam tantangan Bebras, termasuk Indonesia. Indonesia berbartisipasi mengadakan Bebras Challenge untuk pertama kalinya pada bulan November 2016, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh komite Internasional Bebras.

Dalam Tantangan Bebras, peserta mengerjakan soal yang disebut Bebras Task. Bentuk soalnya bukanlah soal-soal informatif melainkan soal-soal logika. Dengan demikian, para peserta dituntut untuk dapat menggunakan logika berpikir dengan baik. SD Talenta melihat ada peluang untuk semakin mengasah kemampuan berlogika anak, maka SD Talenta ikut berpartisipasi dalam Tantangan Bebras 2018. Ini merupakan keikutsertaan yang ke dua, sebelumnya pada tahun 2017. Keikutsertaan SD Talenta dalam tantangan ini bukan semata-mata untuk mencari juara, namun untuk melatih anak dalam berlogika. Anak-anak diajak untuk melihat hal lain, bahwa tidak segala sesuatunya berupa hafalan namun juga logika. Tidak semua persoalan dapat diselesaikan dengan pengetahuan namun perlu logika berpikir.

Pada tahun ini, SD Talenta diwakili oleh sembilan anak dari anak-anak kelas lima dan enam. Mereka adalah Clara (5A), Fabian (5B), Vanny (5C), Jensen (5D), Gerren (6A), Kevan (6B), Fiechella (6C), Justin (6D) dan Nathan (6D). Hari ini, Sabtu, 8 Desember 2018, anak-anak mengikuti Tantangan Bebras di Lab. Komputer SMP Talenta. Ini merupakan pengulangan dari tantangan yang diadakan pada tanggal 15 November 2018. Tantangan diulang karena pada saat itu terjadi kesalahhan teknis.

by. Mr. Eka


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia