Pencarian Kegiatan

 

KENALI BUDAYA SUNDA



"Study Wisata Kelas IV ke Museum Sribaduga"

Hari Kamis, 09 Mei 2019 Siswa kelas IV SD Talenta mengunjungi Museum Sribaduga. Sebelum berangkat siswa dikumpulkan di lapangan catur lantai tiga untuk diberikan arahan agar kegiatan di Museum Sribaduga dapat berjalan lancar. Selain itu, siswa juga diingatkan agar dapat menghormati sesama yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Tepat pukul 07.45 siswa perkelas jalan dengan rapi menuju bus yang telah ditentukan sebelumnya dimana kelas IV A dan IV D berada di Bus 1 sedangkan kelas IV C dan IV B berada di bus 2. Selama perjalanan menuju Museum Sribaduga anak –anak tampak sangat bahagia mereka bernyanyi sambil memberikan tebakan kepada temannya. 

Pukul 08.30 WIB siswa SD Talenta sampai di Museum Sribaduga, di sini siswa berbaris dengan rapi per kelas, disambut dan diarahkan oleh kedua satpam menuju ruang Audiotorium. Di depan ruang Audiotorium tampak sosok bapak dan ibu yang sangat ramah dengan senyuman menyambut kami sebelum masuk ruang Audiotorium. Nama Bapak tersebut adalah Bapak Edi dan Ibu Tika. Di dalam ruang Audiotorium Ibu Tika memberikan arahan tentang apa saja kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari ini dan film apa yang akan ditonton oleh siswa.

Setelah menonton siswa diarahkan keluar ruang Audiotorium menunju halaman terbuka untuk melaksanakan kegiatan “Kesenian Sunda” berupa permainan tradisional, membuat keris dari daun kelapa serta mewarnai topeng 2 Dimensi. Kegiatan dimulai dengan bermain bakiak disini setiap kelas berbaris dan didakan lomba perkelas. Anak – anak tampak sangat senang dan semangat karena tidak mau kalah dari kelas yang lain. Setelah bermaian bakiak siswa diarahkan menuju permaianan kedua yaitu permaianan tarik tambang, disini siswa laki - laki kelas IVA melawan IV B dan siswa laki – laki kelas IVC melawan IV B begitu pula siswa perempuan. Setelah bertanding dengan penuh semangat dapatlah pemenang yaitu juara satu laki – laki diraih oleh kelas IVD sedangkan di pihak perempuan Kelas IVB.

Selesai bermaian siswa berkumpul di podium untuk membuat keris dari daun kelapa disini kakak instruktur membimbing anak – anak agar dapat membuat keris dari janur, ada siswa yang dengan mudah dan cepat membuat janur, ada pula yang susah bahkan tidak bisa membuat keris dari janur. Setelah membuat janur siswa pun dibagikan topeng 2 dimensi agar dapat diwarnai. Berbeda dengan kegiatan sebelumnya kegiatan mewarnai topeng ini akan diambil juara 1 – 3. Dan yang mendapat juara tersebut adalah :

• Juara 1 diaraih oleh Vien dari kelas IVB

• Juara 2 diraih oleh Rybka Kelas IVC

• Juara 3 diraih oleh Jenna kelas IV C

Pengumuman juara dilaksanakan setelah siswa makan siang. Setelah pengumuman tersebut selesai siswa diberikan Lembar Kerja/ LK. LK tersebut berisi tentang semua pengetahuan tentang Kerajaan Sunda yang terdapat di Museum dari lantai 1 – 3. Disini mereka diarahkan oleh Kak Tika, setelah diarahkan siswa menuju Museum perkelas dimana siswa kelas IVA-B didampingi oleh Kak Wida dan kelas IV C- D didampingi oleh Kak Tika. Anak – anak tampak antusias melihat semua peninggalan yang ada di Museum Sribaduga ada yang takjub, ada yang takut ada pula yang bingung. Tepat pukul 13.45 Kami akhirnya memohon izin pulang menuju talenta dan pada pukul 14.15 kamipun sampai dalam keadaan selamat.

Ms. Linda


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia