Pencarian Kegiatan

 

NAIK KERETA API TUT TUT TUT



Jumat, 3 Mei 2019 siswa kelas 3 SD Talenta melaksanakan kegiatan studi wisata ke-4 ke Stasiun Bandung dan Sentra Gerabah Plered.  Seluruh siswa kumpul terlebih dahulu di hall A Sekolah Talenta pukul 09.00 untuk mendapatkan pengarahan dan doa bersama. Pukul 09.30 bus berangkat membawa anak-anak ke Stasiun Bandung.

Di Stasiun Kereta Api anak-anak mendapatkan pengarahan dari pemandu kereta yaitu Kak Ragil dan Kak Nana. Anak-anak diberi pengarahan bahwa sebelum menggunakan fasilitas kereta api, mereka harus membeli tiket dan mengantri di loket. Secara bergiliran siswa dipersilakan untuk mengantri mengambil tiket yang sudah mereka beli terlebih dahulu. Dalam proses ini anak-anak belajar aturan dalam menggunakan alat transportasi umum dan mereka belajar bersosialisasi yang baik dengan petugas loket yang akan melayani pembelian tiket.

Sekitar 30 menit anak-anak menunggu kereta api yang akan mereka tumpangi datang, setelah kereta api tujuan Plered Purwakarta datang anak-anak berbaris dengan cepat dan antre untuk masuk ke kereta. Perjalanan dari Stasiun Bandung ke Plered menempuh waktu sekitar 2 jam.

Sesampainya di Plered tepatnya di tempat pembuatan gerabah, anak-anak dibagi menjadi dua kelompok, kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Awalnya kelompok perempuan yang pertama membuat gerabah dari tanah liat menggunakan cetakan kecil dengan berbagai bentuk, mulai dari bentuk kupu -kupu, daun, dan lain-lain. Setelah kelompok perempuan selesai, barulah kelompok laki-laki yang membuat gerabah. Setelah itu, anak-anak kembali ke stasiun Plered menunggu kereta untuk kembali ke Bandung. Studi wisata ini membuat anak – anak belajar tentang penggunaan alat transportasi umum yaitu kereta api dan belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain.

Ms. Yolanda


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia