Pencarian Kegiatan

 

JARAK BUKAN PEMBATAS BELAJAR



SMA TALENTA DUKUNG PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT

(PKBM)

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kehidupan bangsa melalui pendidikan. PKBM ini berada di bawah pengawasan Dinas Pendidikan Nasional yang berada di tingkat desa ataupun kecamatan. Cakupan PKBM adalah Kejar Paket A, Kejar Paket B, Kejar Paket C, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), KBU (Kelompok Belajar Usaha), KUPP (Kelompok Usaha Pemuda Produktif), Pemberdayaan Perempuan, Keaksaraan Fungsional Dasar Dewasa, Taman Bacaan Masyarakat (Perpustakaan). Sasaran PKBM adalah daerah tertinggal dan kawasan transmigrasi.

Dalam rangka mendukung program pemerintah meningkatkan mutu pendidikan, Sekolah Talenta memberi ijin kepada salah seorang guru TIK SMA Talenta (Bapak Amos Duan Nugroho, S. Kom) sebagai narasumber pada kegiatan “Peningkatan Kapasitas PKBM Rumah Pintar secara Daring” di 15 kawasan transmigrasi. Kegiatan ini akan dilaksanakanpada tanggal 20 – 24 Juli 2020. Ada beberapa lembaga yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Pengelola PKBM Rumah Pintar, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Terkait, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten/ Kota Terkait, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/ Kota Terkait di Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Sumatera Barat, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tengah.  SMA Talenta pun memberikan ijin ruang komputer yang berada di Lt. 3 untuk mendukung kegiatan tersebut. Hal ini merupakan bukti penerapan visi dan misi Sekolah Talenta dalam kehidupan.

“Saya bisa terlibat dalam kegiatan ini karena pada tahun lalu, saya pernah menjadi narasumber dalam kegiatan aplikasi LMS (Learning Management System) yang diadakan salah seorang pegawai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.” Oleh karena itu, beliau berpesan kepada generasi muda, “Banyak orang di daerah terpencil di Indonesia yang masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi lewat teknologi modern, mereka hanya memanfaatkan teknologi sebagai hiburan. Kita yang kebetulan berada di daerah perkotaan dan mendapat edukasi yang cukup dalam penggunaan teknologi hendaknya dimanfaatkan dengan baik. Siapa tahu suatu saat kita bisa berbagi dengan orang yang membutuhkan,” pesan Pak Amos setelah mengikuti kegiatan tersebut. Harapan SMA Talenta lewat kegiatan ini akan semakin banyak generasi muda yang termotivasi dalam belajar dan mengembangkan bakatnya.  

 

 

 

 

 


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia