Pencarian Kegiatan

 

REKAM DIGITAL BAGAI 2 SISI MATA UANG



REKAM DIGITAL

Definisi jejak digital adalah segala rekaman jejak perjalanan seseorang yang terekam melalui aplikasi smartphone seperti GPS, media sosial, bahkan email. Keseluruhan data digital yang membentuk jejak digital merupakan yang tersimpan di komputer maupun yang tersimpan online. Jejak digital milikmu adalah kumpulan dokumen digital maupun akun digital yang telah kamu buat atau unggah.

Sekarang ini UU ITE, sudah di jalankan di negara kita. Sudah banyak yang terkena pasal UU ITE.

Karenanya berhati hatilah dalam menggunakan Media Sosialmu

Rekam Digital bagaikan 2 sisi mata uang, YING dan YANG, baik dan buruk, HITAM dan PUTIH.

Sebuah citra baik, brand image diri seorang pribadi bisa terbentuk dengan mudah dengan cepat saat media sosial menampilkan hal baik yang dikerjakan. Hal baik ini bisa tersebar sangat cepat dan semua orang yang tidak mengenalmu dapat dengan mudah mengenalmu dari sosial media ini.

Namun dengan cepat pula tersebar hal buruk, bilamana tersampaikan di media sosial hal yang tidak baik.

Dari sekedar iseng bisa sangat membahayakan dirimu. Memposting gambar yang menurut kalian lucu, belum tentu lucu untuk rekam digital. 

Rekam digital dijadikan salah satu syarat untuk penerimaan pekerja, verifikasi pembuatan visa dan banyak lagi hal yang menjadi rekam digital sebagai prasyarat dari prosedur mereka.

Sungguh sangat disayangkan jikalau hasil posting yang kita anggap lucu di media sosial saat kita usia remaja, menjadi kendala saat kita sudah dewasa, saat hendak melamar pekerjaan.

UU ITE juga sangat konsen terhadap pencemaraan nama baik yang dilakukan di media sosial, pembajakan akun menjadi hal yang tidak di tolerir.

karenanya dijaman yang sudah sangat melenial ini, gunakanlah segala fasilitas yang dapat memudahkan kita dengan bijaksana.  Dengan bijaksana, sarana itu semua akan memudahkan kita. Namun bila tidak digunakan dengan bijaksana akan mengsengsarakan kita.

 

Ditulis oleh Sicilia S

 

 


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia