Pencarian Kegiatan

 

SEMANGAT UNTUK TAHUN AJARAN BARU INI...



16 Juli 2018

Liburan telah usai. Saatnya kembali pada rutinitas sekolah seperti biasa. Tahun ajaran baru sudah ditunggu-tunggu. Pada kesempatan di pagi yang indah ini, senin (16/07) keluarga besar SMP Talenta menyambut hari pertama masuk sekolah. Siswa-siswi SMP Talenta kembali ke sekolah dengan semangat baru. Terkhusus kepada kelas VII merupakan hari pertama memakai seragam putih biru. Senyum yang berbinar-binar terlihat dari wajah mereka. Keceriaan itu tidak hanya dimiliki oleh siswa, pun terpancar dari tim guru.

Bel berbunyi. Seluruh siswa berkumpul di lapangan. Kegiatan dimulai dengan doa pembukaan dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kepala Sekolah Bapak Yosep Yaya Karyana, S.Pd.. Untuk lebih mempererat hubungan antara staff guru, karyawan dan seluruh siswa maka dilangsungkan juga perkenalan.

Sekolah sangat  identik dengan prestasi. Untuk melengkapi awal tahun ajaran yang baru ini diberikan reward kepada siswa yang berprestasi kategori juara umum berupa trofi dan sertifikat. Ibu Anas selaku bidang kurikulum mengumumkan siswa yang berprestasi. Siswa yang mendapat  juara sangat senang seakan tidak menyangka dirinya akan juara. Sebab untuk mendapatkan  juara mudah tetapi  mempertahankan yang sulit. Hasil perjuangan selama satu tahun bagi siswa yang lama memang sesuatu yang sudah tunggu. Siswa SMP Talenta berlomba-lomba untuk meraih prestasi baik prestasi akademik dan non akademik. Setelah melewati proses semester ganjil dan genap maka itulah menjadi penentu untuk mendapatkan juara umum. Siapa yang tidak mau menjadi juara? Pasti semua ingin jadi juara. Di antara yang baik pasti ada yang terbaik.

Menjadi pemenang adalah milik orang yang berjuang. Jika belum tercapai impianmu maka belajarlah lebih ulet maka usaha tidak akan menghianati hasil. Walau belum mendapat juara, namun siswa SMP Talenta tetap juara dalam semangat. Putus asa bukanlah jalan tetapi berusaha untuk terus bangkit itulah sang juara. Ubahlah pola pikir yang baik, tetap semangat, genggam impianmu, dan ciptakan prestasimu. Siswa yang belum mendapat juara tidak menyurutkan niatnya untuk memberikan semangat kepada teman-temannya yang mendapat prestasi. Bahkan, mereka bangga dan terpacu lebih giat belajar. Tidak ada terlihat sedikitpun yang mem-bully temannya yang mendapat penghargaan. Tidak ada yang kebetulan, semuanya telah terjadi sesuai dengan proses, usaha, kerja keras, dan pengetahuan mereka selama menjalani proses pembelajaran tahun ajaran 2017/2018.

Yang tidak kalah mengesankan adalah reward juga diberikan kepada siswa yang tidak melakukan pelanggaran. Ini merupakan tanda bahwa SMP Talenta selalu diperhatikan dari segi manapun terutama sikap siswa. Sebab bukan hanya pengetahuan saja yang penting melainkan moral dan tingkah laku. Guru amat bangga karena ada beberapa siswa yang taat akan peraturan atau tata tertib sekolah dengan tidak melakukan pelanggaran 0% seperti memakai atribut sekolah dengan lengkap, tidak pernah terlambat, tidak menyontek, tidak izin, dll. Mereka pun mendapat tepuk tangan yang meriah baik dari guru maupun teman-temannya. “Siswa yang tidak melakukan pelanggaran merupakan prestasi bagi guru terutama wali kelas,” kata Pak sunggul selaku bidang kesiswaan. Beliau juga memberikan arahan supaya siswa yang lain supaya bercermin dari temannya yang tidak pernah melakukan pelanggaran. Penyerahan reward diberikan langsung oleh kepala sekolah dan tim guru. Sebagai bentuk kebanggaan dilakukan sesi foto yang akan didokumentasikan di sekolah.

Pada awal masuk dilakukan kegiatan pembagian kelas dan wali kelas. Siswa di panggil namanya dan berbaris. Muka tegang dan tentunya deg degan saat pemanggilan nama terlebih setelah semua nama di panggil dan berbaris, semakin tegang saat akan diumumkan nama wali kelas mereka.  Kenapa harus tegang ya ? Namun itulah tradisi pembagian kelas di SMP Talenta dan euforia dari awal tahun ajaran di SMP Talenta. 

Selanjutnya bersama wali kelas dilakukan briefing awal kelas di tahun ajaran ini.  Pengambilan foto juga dilakukan dengan wali kelas masing-masing di lapangan sekolah.

Selamat datang di tahun ajaran baru 2018/2019 bagi seluruh siswa-siswi SMP Talenta. Jaga semangat, selalu berpengharapan, kejarlah impianmu, selalu lakukan yang terbaik  dan tetap mengandalkan Tuhan.

By : Minar Siregar


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia