Pencarian Kegiatan

 

BERANI MAJU DENGAN BANYAK MEMBACA



Katanya ingin berwawasan luas, namun  malas membaca.

Terkadang keinginan memang lebih kuat daripada tindakan. Mendengar kata ‘membaca’ memang sudah hal yang lumrah sehingga sering tidak dihiraukan. Untuk melakukan perubahan itu tidak mudah. Orang yang ingin memiliki pengetahuan tidak terlepas dari buku. Orang yang berlomba-lomba untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi maka mereka mau tidak mau harus mau mendambakan buku; siap tidak siap harus siap memiliki buku. Buku bagaikan pasangan hidup yang mendampingi sepanjang hayat.

Menyadari hal tersebut, SMP Talenta terus berupaya gerakan literasi. Di pagi hari selalu ada kegiatan membaca di kelas, sebelum memulai KBM dan tiap bulannya ada kegiatan Read A Thon. Semua siswa membaca buku yang mereka pilih dan tidak ketinggalan para guru ikut membaca. Guru memberikan contoh kepada siswanya membaca itu sangat menyenangkan dan bermanfaat.

Kegiatan membaca di SMP Talenta tidak pernah surut. Gerakan Literasi Sekolah terus dikembangkan. Ini merupakan kegiatan baik yang harus ditumbuhkembangkan. Setiap pagi, senin-jumat, sebelum memulai pembelajaran dengan guru mata pelajaran selalu diadakan literasi 15 menit di kelas yang dipimpin oleh wali kelas. Kegiatan ini tidak asing lagi karena sudah pembiasaan baik di SMP Talenta. Kali ini Gerakan Literasi Sekolah melaksanakan readathon. Readathon merupakan salah satu kegiatan literasi sekolah dengan membaca bersama-sama dalam jangka waktu tertentu tanpa berhenti. Berbeda dengan literasi yang dilakukan di kelas, readathon dilakukan secara massal di luar kelas tepatnya di indoor sekolah talenta.

Dalam readathon ini para siswa bersama-sama membaca buku sesuai dengan buku pilihan mereka masing-masing yang tentunya bertujuan untuk mengembangkan pola pikir dan pengetahuan mereka. Sementara para guru juga ikut membaca sambil mengawasi jalannya readathon. Kegiatan ini kali pertama dilakukan untuk tahun pelajaran 2018/2019. Melalui kegiatan ini, warga SMP Talenta semakin rajin membaca dan sadar bahwa pengetahuan itu amat berharga. Sulit karena jarang membaca; mudah karena sering membaca. Tingkatkan rasa ingin tahumu dengan membaca demi masa depanmu. Life Long  Education.

Bu Minar


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia