Pencarian Kegiatan

 

RETRET KELAS XII 2018



BAHARUI HATI KAMI

Retret berarti sebuah periode pengalaman menyendiri ataupun pengalaman mengasingkan diri bersama dengan sebuah kelompok/komunitas. Beberapa retret dilakukan dalam kesunyian, sementara yang lainnya dilakukan dalam suasana berbagi rasa, tergantung dari pengetahuan dan praktik yang dilakukan oleh fasilitator dan/atau pesertanya. Retret sering kali dilakukan di daerah pedesaan atau pedalaman, atau di tempat-tempat retret khusus seperti sebuah biara.

Seperti yang dilakukan oleh SMA Talenta. Yang mengadakan retret yang diikuti oleh seluruh siswa/i kelas XII, bertempat di Pratista Jl. Kolonel Masturi No. 591 Cimahi Tengah, Jambudipa, Lembang Jawa Barat. Seluruh kegiatan diatur dan dirangkai sehingga retret dilakukan dengan penuh hikmat. Retret juga bukan hanya sekedar untuk rekreasi, akan tetapi menyegarkan dan memberikan penyegaran hati atau kebutuhan rohani siswa/i.  

Selama 3 hari peserta diberi materi tentang bahaya narkoba, seks bebas, dan pedalaman iman mereka terhadap tuhan. tujuan dari retret yang di laksanakan dari tanggal 31 Agustus sampai dengan 2 Septembet 2018 memberi bekal kepada siswa yang berjumlah 125 orang untuk mempersiapkan mentalnya dalam menghadapi ujian nasional yang sebentar lagi akan mereka lakukan. Dengan mental yang baik maka harapkan anak untuk lulus dengan hasil memuaskan dan lulus semua.

Siswa yang mengikuti retret adalah kelas XII yang multi agama, yaitu katolik, kristen, buddha, serta islam sehingga materinya disesuaikan tetapi mendepankan agama katolik dalam retretnya. Walaupun banyak murid yang tidak beragama katolik tetapi mereka antusias mendengar penjelasan dari Pastor dan Frater yang sangat gaul dalam penyampaian materinya.

Malam terakhir 1 September 2018, peserta retret mengadakan renungan. Hampir semua peserta meneteskan air mata, mereka diajak untuk merefleksikan segala kesalahan yang telah mereka perbuat, yang akhirnya mereka harus merubah sikap lebih baik untuk mencapai masa depannya. Pada malam itu juga diadakan pengakuan dosa dan setelah itu mereka menonton film yang sangat menguras air mata mereka. Diakhir malam para guru menyalami mereka satu persatu serta mereka bersalaman dengan teman yang lain sebagai tanda minta maaf atas segala kesalahan yang mereka perbuat, waktu lulus nanti tidak dendam diantara mereka. Banyak sekali yang meneteskan air mata sebagai tanda penyesalan atas perbuatan yang mereka yang jahat terhadap temannya.

 Retret religius/spiritual menyediakan waktu untuk berefleksi diri, berdoa, atau bermeditasi. Hal-hal ini dianggap penting dalam menumbuhkan pribadi atau karakter anak agar bertumbuh seperti harapan orang tua dan harapan bangsa, dan juga populer di kalangan gereja-gereja dan juga masyarakat.


Sekolah Talenta Bandung - Indonesia